Sabtu, 26 Juli 2014

11 Aplikasi Android Pendamping Mudik

Mudik ke kampung halaman menjadi tradisi bagi kebanyakan masyarakat Indonesia menyambut hari raya Idul Fitri. Berbagai alat transportasi mulai dari kendaraan pribadi hingga umum dimanfaatkan agar bisa sampai ke tujuan secepat dan senyaman mungkin.

Meski begitu, membludaknya jumlah kendaraan di jalur mudik tentunya menjadi masalah tersendiri. Perjalanan sobatpun menjadi terhambat dan waktu tempuhnya bisa jauh lebih panjang dibanding perkiraan semula.

Saat inilah sobatmembutuhkan sebuah perangkat Android sebagai teman di perjalanan. Bahkan, jika dibekali dengan berbagai aplikasi yang tepat, perangkat Android bisa sangat membantu dan membuat aktivitas mudik sobatmenjadi lebih seru. Berikut beberapa aplikasi Android yang bisa diunduh secara gratis di Google Play Store untuk menemani perjalanan mudik sobatke kampung halaman.
-
1. Google Maps (Google Inc.)

Google_Maps_5.0_Android
Aplikasi ini memang sudah menjadi bawaan di setiap perangkat Android sehingga sobattak perlu mengunduhnya lagi. Jangan lupa untuk melakukan update ke versi terbaru sebelum memulai perjalanan. Ingat, Google Maps adalah aplikasi yang sangat penting khususnya jika sobatmenggunakan kendaraan pribadi. Di saat sobatperlu bantuan untuk mengetahui jalan mana yang harus dilalui agar sampai ke tujuan, Google Maps bisa jadi andalan.
-
2. Waze Social GPS Maps & Traffic (Waze)

waze
Waze pada dasarnya merupakan aplikasi navigasi. Yang menarik, Waze punya komunitas yang kuat dimana para usernya saling berbagi informasi tentang kondisi jalan. Lokasi macet, lokasi terjadinya kecelakaan dan sebagainya bisa diketahui.
-
3. Jasamargalive (Jasamargalive.com)

jasamargalive-1-1-s-307x512
Aplikasi resmi milik PT. Jasamarga ini menawarkan informasi secara real-time. Beberapa fitur menarik di Jasamargalive adalah info kepadatan lalu lintas, informasi berita/kejadian, live cctv langsung dari lokasi, dan akses ke ratusan kamera di area Pulau Jawa.
-
4. Kereta Api Indonesia Access (PT. Kereta Api indonesia)

kereta-api-indonesia-access-1-2-s-307x512
Ini adalah aplikasi resmi dari PT. Kereta Api Indonesia yang dibuat untuk memudahkan calon penumpang dalam mendapatkan informasi dan melakukan pemesanan tiket secara online. Cukup membantu bagi sobatyang ingin bepergian menggunakan kereta.
-
5. Info Gempa dan Cuaca (Tim Website BMKG)

unnamed
Selain kondisi lalu lintas, informasi penting lainnya yang perlu diketahui saat melakukan perjalanan adalah cuaca. Dengan aplikasi Info Gempa dan Cuaca, sobatbisa melihat berbagai prakiraan cuaca di Tanah Air.

6. Makan di Mana (PT. Agranet Multicitra Siberkom)

screenshot_2013-01-10-17-21-15
Tak lengkap rasanya jika mengujungi suatu tempat tanpa mencicipi restoran populer. Dengan aplikasi Makan di Mana, sobatakan mendapatkan rekomendasi restoran-restoran mana di sekitar lokasi sobatsaat ini yang menyajikan makanan enak.
-
7. Prayer Times: Qibla & Azan (PXL Apps)

prayer-times-qibla-azan-4-0-s-307x512
Bagi sobatumat muslim, aplikasi ini wajib ada di gadget Anda. Selain bisa digunakan sebagai pengingat waktu shalat, sobatpun juga bisa mengetahui arah kiblat yang benar jika tidak sedang beribadah di Masjid.
-
8. Tiny Flashlight +LED (Nikolay Ananiev) 

81SnMYql-XL._SL500_AA300_

Sepele tapi penting. Aplikasi yang membuat lampu flash pada smartphone berfungsi sebagai senter tersebut sangat berguna saat sobatmembutuhkan penerangan di tempat gelap.
-
9. MXPlayer (J2 Interactive)
unnamed (1)
Tak lengkap rasanya bepergian tanpa menyiapkan hiburan selama perjalanan. Dengan MXPlayer, nyaris seluruh format video bisa diputar. sobatbisa menikmati film-film favorit sobatagar tidak bosan saat sedang melalui jalanan yang macet.
-
10. SoundCloud – Music & Audio (SoundCloud)
SoundCloud-for-android
Dengarkan musik kapanpun dan dimanapun secara gratis? Bisa! Download saja aplikasi SoundCloud. Namun perlu diingat, mendengarkan lagu di SoundCloud bisa menghabiskan kuota internet Anda.
-
11. Games
modern_combat4_7
Tak dapat dipungkiri bahwa platform Android dipenuhi banyak sekali games menarik yang bisa diunduh secara gratis. Sebelum mudik, download terlebih dahulu games yang sobatsukai kareta belum tentu di tengah perjalanan nanti koneksi internet yang sobatgunakan memadai.
-
Sudah siap mudik kawan ? sekian macam-macam Aplikasi Android Pendamping Mudik yang bisa Kampung Android bagikan, semoga menginspirasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar