Minggu, 14 Desember 2014

Cara Membuat Android Menjadi CCTV

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan Cara Membuat Android Menjadi CCTV. Seperti yang kita ketahui bahwa Android adalah sistem operasi linux seperti telepon pintar dan Smartphone Tablet. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembangnya untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh berbagai macam piranti bergerak. Sehingga tidak heran jika semakin hari kecanggihan Android semakin berkembang. Salah satunya adalah aplikasi IP Webcam.

IP Webcam adalah Aplikasi yang mampu membuat sebuah perangkat Android menjadi CCTV, mungkin banyak dari kalian yang sudah mengetahui cara mengkonfigurasi Aplikasi ini, namun bagi sobatyang belum mengetahui silahkan baca selengkapnya :-)
Cara kerja aplikasi ini terbilang cukup mudah yaitu sobatharus terhubung dalam satu jaringan WiFi antara handphone sebagai CCTV dan PC/Laptop sebagai monitornya. Dan software pendukung untuk Aplikasi ini adalah VLC media player.
 
Okeh, kita masuk ke bagian inti artikel ini, Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk Cara Membuat CCTV Di Smartphone Android :
 
1. Pertama-tama kalian harus memiliki Aplikasi IP Webcam, jika kalian belum memilikinya kalian bisa download di PlayStore

2. Kemudian jika sudah terpasang, buka IP Webcam lalu ada beberapa menu setting lalu klik "Start Server" pada menu Service Control
 
3. Lalu perhatikan tulisan yang tertera di bawah tengah layar handphone anda, pada saat ini kebetulan tampilan layar saya sedang membuka Undangan Mikrotik, Link akan terlihat sesuai handphone sobatsedang berfungsi sebagai apapun. disitu terdapat IP Address yang berbentuk URL jaringan kalian 

4. Selanjutnya kalian beralih ke PC/Laptop dan buka software VLC Media Player dan klik menu Media lalu pilih "Open Network Stream.." atau tekan Ctrl+N, contoh seperti gambar dibawah ini :

5. Setelah itu masukan URL yang ada di layar handphone kalian kedalam Network Protocol, contoh seperti gambar dibawah ini :

6. Jika kalian ingin mempercepat pergerakan di video kalian tinggal pilih Playback > Speed > Faster/lebih cepat.
 
Sekian artikel Cara Membuat Android Menjadi CCTV semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar